TIGA LANDASAN UTAMA AQIDAH ISLAM

Rabu, 09 Oktober 2013

Ada tiga landasan utama yang wajib diketahui oleh setiap hamba: Muslim dan Muslimah: seorang hamba wajib mengenal Rabbnya, Agamanya, dan Nabinya Muhammad -Shalallahu ‘Alaihi Wasalam-.

A. Jika anda ditanya: “Siapa Rabbmu?”  Maka Jawablah: “Rabbku adalah Allah, yang telah memeliharaku dan memelihara semua makhluk di alam semesta ini dengan berbagai nikmat-Nya. Dialah yang aku ibadahi dan tidak ada yang patut diibadahi selain Dia semata”. Dalilnya firman Allah:

“ Segala puji bagi Allah, Rabb (Tuhan) semesta alam”. {Qs. Al-Fatihah: 2}.

B. Dan Jika Anda ditanya: “Apakah Agamamu?” Maka Jawablah: “Agamaku Islam” Yaitu, Penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah dengan cara mentauhidkan-Nya, tunduk patruh kepada-Nya, mentaati-Nya, serta berlepas diri dari kesyirikan dan para pelakunya. Dalilnya Firman Allah:

“Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam...”.{Qs. Ali-Imran:19}.

“Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, Maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan Dia di akhirat Termasuk orang-orang yang rugi”. {Qs. Ali-Imran:85}

“Dan ingatlah ketika Ibrahim berkata kepada bapaknya dan kaumnya: "Sesungguhnya aku tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu sembah. Tetapi (aku menyembah) Tuhan yang menjadikanku; karena Sesungguhnya Dia akan memberi hidayah kepadaku". Dan (lbrahim a. s.) menjadikan kalimat tauhid itu kalimat yang kekal pada keturunannya supaya mereka kembali kepada kalimat tauhid itu”. (Qs. Az-Zukhruf: 26-28).

C. Dan Jika Anda ditanya: Siapa Nabimu? Maka Jawablah? ”Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muththalib bin Hasyim. Hasyim adalah kabilah suku Quraisy dan Quraisy dari bangsa Arab, bangsa Arab adalah anak keturunan Nabi Ismail bin Ibrahim, Kekasih Allah. Beliau berumur 63 tahun, 40 tahun darinya sebelum beliau menjadi Nabi, dan 23 tahun sebagai Nabi dan Rasul. Beliau diangkat menjadi Nabi dengan diawali wahyu yang berbunyi:

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan . Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”.{Qs. Al-Alaq:1-5}.

Dan Menjadi Rasul semenjak turunya wahyu:

“Hai orang yang berkemul (berselimut). Bangunlah, lalu berilah peringatan!. Dan Tuhanmu agungkanlah!. Dan pakaianmu bersihkanlah. Dan perbuatan dosa tinggalkanlah. Dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak. Dan untuk (memenuhi perintah) Tuhanmu, bersabarlah”. {Qs. Al-Muddatstsir:1-7}.

Negrinya adalah Makkah kemudian berhijrah ke Madinah. Allah berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan Malaikat dalam Keadaan Menganiaya diri sendiri, (kepada mereka) Malaikat bertanya : "Dalam Keadaan bagaimana kamu ini?". mereka menjawab: "Adalah Kami orang-orang yang tertindas di negeri (Mekah)". Para Malaikat berkata: "Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah di bumi itu?". orang-orang itu tempatnya neraka Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.  Kecuali mereka yang tertindas baik laki-laki atau wanita ataupun anak-anak yang tidak mampu berdaya upaya dan tidak mengetahui jalan (untuk hijrah). Mereka itu, Mudah-mudahan Allah memaafkannya. dan adalah Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun”. {Qs. An-Nisaa’:97-99).

Beliau diutus oleh Allah untuk memberi peringatan dari kesyirikan dan mengajak kepada tauhid (mengesakan Allah). Dalilnya firman Allah Ta’ala:    

“(Mereka Kami utus) selaku Rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar supaya tidak ada alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya Rasul-rasul itu. dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”. {Qs. An-Nisaa’:165).
Dan firman Allah:

“Dan sungguhnya Kami telah mengutus Rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu...”. {Qs. An-Nahl: 36).”.

-----***-----
Referensi:

- Syarh Ushulus- Tsalasah (Ulasan Tuntas Tentang 3 Prinsip Pokok), Karya Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin
- al-Wajibat al-Ma'rifah 'Alaa Kulli Muslim Wal Muslimah (Hal-Hal Yang Wajib Diketahui Setiap muslim), Karya Ibrahim bin Syaikh Shalih bin Ahmad al-Khuraishi. (Pustaka Imam Syafi'i, Jakarta).

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

INSAN MANDIRI FARM iNDONESIA
Lihat profil lengkapku

Domain .COM Termurah

Hosting Unlimited Indonesia